Home » » Percabangan Pada Java

Percabangan Pada Java

Posted by Catatan Wong Awam on Thursday 6 July 2017

Hasil gambar untuk logo javaSelamat Malam, malam ini saya akan share bagaimana membuat suatu percabangan di Java, IF merupakan suatu percabangan yang menyatakan suatu kondisi tertentu, bentuk IF sebenarnya ada 2 bentuk yaitu IF ELSE atau IF saja, akan tetapi ada beberapa kondisi yang harus menggunakan IF bersarang. Selain percabangan menggunakan IF ada juga yang menggunakan Switch Case, apa pebedaannya antara IF ELSE dan Switch Case? buat saya yang paling mencolok ialah Switch hanya di nyatakan dengan bilangan bulat atau string sedangkan IF ELSE dapat menggunakan operator seperti <,>,<=, dan >=.

Langsung saja dari pada penasaran kita praktek langsung :

1. IF
Pada percabangan if sebuah pernyataan akan dieksekusi jika memenuhi syarat atau kondisi tertentu. Berikut ini adalah bentuk umum atau struktur sintaksnya:

if(kondisi){
statement1;
statement2;
}

contoh programnya seperti  ini :


2. IF ELSE
Percabangan IF ELSE hampir sama dengan percabangan IF. Hanya saja yang membedakan pada percabangan IF ELSE ini adalah terdapat penambahan pernyataan untuk kondisi yang bernilai salah (false), berikut contoh sintaks nya :

if(kondisi){
statement benar;
}else{
statement salah;
}


berikut contoh  programnya :


3. IF ELSE Bersarang
IF ELSE Berasarang adalah sebuah kondisi yang terdiri dari beberapa gabungan beberapa IF atau IF ELSE yang ada di dalamnya. berikut sintaks nya :

if(kondisi1){
statement1;
}else if(kondisi2){
statement2;
}else if(kondisi2){
statement3;
}else{
kondisi tidak ada yang benar
}

Contoh program :



5. SWITCH CASE
Pada statament saya di atas, bahwa switch case hanya di deklarasikan dengan bilangan bulat atau string dan IF ELSE dapat menggunakan operator seperti <,>,<=, dan >=., kita langsung saja kita lihat perbedaanya tersebut :

Sintaksnya :

switch(variabel){
case 1 : 
pernyataan 1;
break;
case 2:
pernyataan 2;
break;
default:
pernyataan 3;
}

Contoh Program :



Oke cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan.




0 comments:

Post a Comment

Translate

.comment-content a {display: none;}