Home » » Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Posted by Catatan Wong Awam on Monday, 8 September 2014


 Intinya C++ merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL(wikipedia).

C++ sendiri merupakan bahasa pemograman yang memiliki banyak dialek layaknya bahasa kita sehari-hari sebagai manusia. C++ bisa juga dikatakan sebagai bahasa kecerdasan buatan , dimana bahasa ini menghubungkan antara perintah yang terdapat di dalam syntax program nya untuk di aplikasikan kedalam hardware, for example,logika I/O LCD menyala atau mati. (mikrokontroller inside)

Kembali dari pokok bahasan dimana C++ mempunyai banyak dialek lebih dikarenakan C++ sendiri mempunyai banyak kompiler sepertiBorland C++, GNU C/C++ Compiler, Microsoft Visual C++, dll. Di setiap kompiler ada beberapa syntaxyang berbeda namun tidak banyak. Untuk mempelajari bahasa C/C++ sangat disarankan untuk segera memiliki kompiler di komputer anda, kompiler yang sederhana sudah cukup untukmendukung proses bahasan kali ini.

Berikut macam macam compiler dan editor untuk pemrograman bahasa C/C++ :

1.     Mingw32 C & C++ Compilers di http://www.mingw.org/
2.     GNU C/C++ Compiler di http://gcc.gnu.org/
3.     LCC-Win32 C Compiler di http://www.cs.virginia.edu/~lcc-win32/
4.     Microsoft Visual C++ 2005 Express
5.     Turbo C++ Explorer
6.     borland C++ complier version 5.5 di https://downloads.embarcadero.com/item/24778
8.     TCC: Tiny C Compiler di http://bellard.org/tcc/
masing masing mempunyai kelengkapan library, dan kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk kompiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords); keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai inputdan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bisa diakses olehheader filenya. Coba kita lihat program sesungguhnya :


#include
int main()
{
printf ("HEY, you, I’m alive! Oh, and Hello World!");
return 0;
}

Penjelasan program : 


#include
Merupakan header dari pemograman C++ , dimana #include adalah sebuah prosesor pengarah yang mengatakan kepada kompiler untukmeletakan kode dari header file iostream.h kedalam program.


int main()
Adalah fungsi utama, dan program utama diletakkan sesudah fungsi ini dimana dibatasi dengan tanda ( { dan}).


printf ("HEY, you, I’m alive! Oh, and Hello World!");
Printf sendiri fungsi nya sama dengan echo dan printf dimana untuk menampilkan tulisan didalam " dan ". Jika program dieksekusi maka yg muncul pada layar adalah tulisan : HEY, Hello World, saya sedang belajar C++ :)

return 0;
Pada saat satu kali kembali diproses, itu dilakukan melalui system operasi. Sebagai catatan, pendeklarasian fungsi main yang tidak diinginkan memiliki proses kembali, dapat ditambahkan – void main() – dan biasanya itu berfungsi dengan baik; namun cara ini merupakan cara yang kurang baik.

Anda bisa melakukan kopi paste kode diatas dan menjalankannya di sebuah kompiler, entah itu Dev C++maupun Borland C++. Kedua-dua nya sudah pernah saya coba, graphic interface mudah dan sangat familiar apalagi untuk pemula yang masih baru di dunia pemograman seperti saya. :)


Referensi dan sumber program :



0 comments:

Post a comment

Translate

.comment-content a {display: none;}