Home » » Tips Cara Merawat CD & DVD Agar Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Tips Cara Merawat CD & DVD Agar Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Posted by Catatan Wong Awam on Thursday, 11 September 2014


Compact Disk (CD) dan Digital Video Disk (DVD )adalah sebuah media penyimpanan yang umum digunakan baik untuk menyimpan data sementara dan dapat dibawa dengan mudah atau portable maupun sebagai media media penyimpanan data back up. Meskipun fungsi CD/DVD agak tergeser dengan adanya DVD, HD-DVD, Blue-Ray, maupun hardisk eksternal, namun media penyimpanan CD/DVD ini masih memiliki kualitas yang hampir sama. perbedaannya hanya terletak pada kapasitas media penyimpannya.
Berikut ini Tips cara merawat CD dan DVD terbaru:
  • Bakar (Burn) CD/DVD di Bawah Kecepatan Maksimal.
    Pada setiap CD/DVD terdapat tulisan mengenai kecepatan maksimum untuk proses pembakaran (burn). Bakarlah CD/DVD yang Anda beli menggunakan aplikasi pembakar CD/DVD seperti Nero, Ashampoo Burining Studio dibawah kecepatan maksimal yang tercantum di software burner, karena meskipun tertulis kecepatan maksimum 52x, tapi seringkali setelah dianalisa oleh CD/DVD burner melalui software burner, biasanya nilai tulis (write) itu akan turun. Untuk kebutuhan kompatibiitas pembacaan, pilih kecepatan burning 10x atau 12x saja, meskipun hal ini akan berdampak pada lamanya waktu proses pembakaran. Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengantisipasi apabila CD/DVD tesebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca (read) lebih rendah yang masih banyak digunakan.
  • Jangan Mengisi Data Pada CD/DVD Secara Penuh
    Sisakanlah beberapa megabyte ruang kosong (free spaces) pada CD/DVD yang akan dibakar. Hal ini berfungsi agar CD/DVD Rom dapat membaca data dengan cepat.
  • Berikan Sampul atau Tempat Khusus Pada CD/DVD
    Setelah proses pembakaran selesai, usahakan CD/DVD tersebut disimpan pada tempat khusus untuk menghindari debu serta goresan pada CD/DVD. Simpanlah CD/DVD ditempat yang kering dan gelap, usahakan jangan lembab atau terkena sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan pemantul sehingga CD/DVD sulit dibaca. Pergunalan CD/DVD case agar CD/DVD tersebut lebih aman jangan menggunakan plastik CD/DVD yang biasa dijual.
  • Perhatikan Warna Lapisan PadaCD/DVD
    Saat membeli CD/DVD perhatikanlah warna lapisannya, Agar pada saatproses CD dan DVD tersebut ditulis (write) dan dibaca (read) tidak mengalami masalah, Disarankan untuk mencari CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau berwarna agak keemasan. Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam). Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis.
  • Jangan Menulis Diatas Permukaan CD/DVD
    Jangan menulis label CD/DVD dengan spidol, pulpen atau pinsil, usahakan pergunakan label CD/DVD yang di-print agar saat CD/DVD Drive mudah untuk membaca data yang ada pada CD/DVD.
  • Perhatikan Cara Membersihkan CD/DVD
    Sebelum memasukkan CD/DVD pada CD/DVD Drive, perhatikanlah apakah CD/DVD Anda terdapat debu atau goresan, jika terdapat kedua hal tersebut silahkan bersihkan CD/DVD tersebut menggunakan kain halus yang biasa untuk membersihkan kacamata. Hindari penggunaan tissue kertas atau kain baju (t-shirt) untuk membersihkannya, hal ini guna menguhindarimunculnya goresan pada disk yang menyebabkan CD/DVD sulit atau bahkan tidak dapat terbaca.
  • Simpan CD/DVD Pada Tempat Yang Aman
    CD dan DVD sebaiknya disimpan pada suhu sebesar 10-20 derajat celcius untuk hindari CD/DVDdari fluktuasi suhu dan kelembaban. Suhu yang buruk dan lembab dapat menyebabkan CD/DVD tersebut menjadi bengkok atau melengkung. Hindarkan dari sinar ultra violet, karena akan menyebabkan kandungan alumunium menjadi gelap dan menyebabkan kesalahan dalam pembacaan data di CD. Hindakan dari benda-bendayang memiliki magnet yang kuat.


0 comments:

Post a comment

Translate

.comment-content a {display: none;}