Home » » Tipe Data PHP

Tipe Data PHP

Posted by Catatan Wong Awam on Monday 20 March 2017

Hasil gambar untuk logo PHPSelamat Siang, bagaimana kabar kalian? semoga dalam kondisi baik baik saja yah. setelah tadi kita mengenal variabel, kali ini saya akan share mengenai Tipe data di PHP. Di PHP terdapat 5 jenis tipe data di antaranya Integer, Floating Point, String, Array dan Object. Langsung saja kita bahas satu persatu.

1. Integer tipe data ini adalah tipe data bilangan bulat yang memiliki panjang -2,147,483,648 sampai + -2,147,483,647 pada platom 32bit. bila data di luat range tersebut, maka PHP akan otomatis konversi data itu ke tipe Floating Point.

2. Floating Point adalah tipe data yang isinya bilangan pecahan atau desimal. Kisarannya adalah 1.7E-308 sampai 1.7E+308 Contoh :
$desimal = 0.05;
$pangkat = 290.0E-5


3. String, pada tipe data ini kalian dapat menggunakan tanda petik (') atau tanda petik 2 (").
kenapa begitu? apa bedanya anatar kedua tanda itu? menurut saya kalau petik tunggal (') itu akan menampilkan text apa adanya. misalkan :

<?php
$kata = "Programming";
$data ='$kata itu mudah';

echo "$data";

maka yang akan tampil seperti ini kalau di eksekusi di web browser :


terus kalau petik 2 (") apa hasilnya? di petik 2 (") ini akan menghasilkan value dari $kata dari script di atas. coba perhatikan script berikut :

<?php
$kata = "Programming";
$data ="$kata itu mudah";
echo "$data";

maka hasilnya adalah :


Kelihatan kan bedanya apa?

4. Array , array biasa di sebut juga tipe data bertingkat, apa sih maksudnya bertingkat? bertingakta di sini adalah array ini mengandung beberapa data di dalamnya, 

5. Object tipe data ini dapat berupa bilangan, variabel ataupun fungsi. Dengan adanya tipe data ini, kita akan sangan terbantu dalam membuat program atau aplikasi berbasis web, karena apa? karena tipe data ini dapat meringkas beberapa fungsi yang berakibat memperkecil ukuran file. contoh :
perhatikan script berikut :

<?php
class Hello{
function hay(){
echo "Programming itu Menyenangkan";
}
}
$data = new Hello();
$data->hay();

Maka hasilnya adalah :






















Oke cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Translate

.comment-content a {display: none;}