Home » » Winbox Mikrotik Untuk Android

Winbox Mikrotik Untuk Android

Posted by Catatan Wong Awam on Saturday 6 August 2016


Selamat malam, baru sempat menulis lagi di tengah kesibukan di dunia nyata. Kali ini saya akan share tentang bagaimana caranya kita meremote atau bahkan men-setting MikroTik via Android. Sebenarnya di Google Play tersedia sebuah aplikasi untuk itu, jadi kita tak usah repot repot membuka PC/ Laptop untuk meremote MikroTik kita.


1. Oke langsung saja kita pergi ke Play Store, ketik di kolom search dengan keyword "winbox". maka :


2. Dari gambar di atas kita sudah  melihat hasil pencarian, di sini saya menyarankan kalian mendownload yang bernama "TikTool - Winbox Mobile" karena saya sudah mencobanya karena fitur nya sudah cukup lengkap dari yang lain. lanjut.



3. Setelah itu kita install seperti app biasa saja. di sini kita akan di perintahkan untuk mengaktifkan IP service API. 


4. lalu kita pergi ke MikroTik lalu pilih menu  IP -> pilih Services -> pilih api -> enable dengan mengklik tanda ceklis.

5. Kemudian kita di minta memasukan data MikroTik kita yang ingin di remote, pada kolom Name kita isikan nama MikroTik kita lalu isikan juga Access Info dengan IP address MikroTik dan yang terakhir isikan Username dan Password "ingat Username dan Password yang sudah terdaftar di user mikrotik".


6. Lalu kita login MikroTik via TikTool. kalau sudah berhasil maka akan tampil gambar seperti ini


7. oke, kita sudah berhasil login ke Mikrotik, coba sekarang kalian masuk ke menu Interface dan lihat apa yang terjadi?

8. Dari gambar di atas kita lihat ada warna Orange dan Hijau, artinya kalau warna itu Hijau maka Statusnya terkoneksi atau terhubung dan apabila Orenge maka Interface tersebut belum terhubung alias gak konek.

oke sekian dulu share saya pada sore ini,  Semoga bermanfaat..











0 comments:

Post a Comment

Translate

.comment-content a {display: none;}