Home » , » Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer/Laptop

Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer/Laptop

Posted by Catatan Wong Awam on Thursday 20 February 2014


Tips mengoptimalkan kinerja komputer - Hal yang banyak dicari ketika komputer kita terasa semakin lemot ketika ingin menjalankan program yang biasa kita buka. Dikehidupan sekarang ini, kita semakin tak bisa lepas dari komputer. Kemajuan komputer saat ini membuat banyak perkerjaan yang dilakukan manusia menjadi lebih mudah


Semakin sering komputer kita gunakan maka biasanya akan membuat ruang penyimpanan semakin penuh. Selain itu biasanya program yang terinstall di dalam komputer, bila tidak kita hapus, akan semakin banyak dari waktu ke waktu. Semakin banyak software yang terinstall maka akan membuat komputer semakin lambat. Banyak hal yang membuat komputer kita semakin lambat, bila kita tidak mengoptimasi kinerja komputer itu. 

Untuk itu kai akan memberikan anda sedikit Tips mengoptimalkan kinerja komputer yang bisa anda lakukan sendiri di komputer rumah anda. Tips untuk mengoptimasi komputer tersebut adalah: 

Menghapus program yang tidak dibutuhkan.
Hidari untuk menginstall terlalu banyak program di komputer kita, terutama jika kita tidak tahu bagaimana harus memperlakukan mereka, termasuk tak tahu bagaimana menguninstall mereka. Terlalu banyak menginstall program akan memperlambat komputer kita. Terlebih ada program yang tetap berjalan di belakang layar meski kita tak menggunakannya.

Program – program ini akan memenuhi RAM yang kita gunakan sehingga akan terasa lambat saat kita menjalankan program tertentu. Selain ram, jika anda menginstall program – program ini di drive yang sama dengan operasi sistem, misal drive (C), maka dapat memperlampat windows anda. Hal ini terjadi karena space storage yang kita gunakan sebagai system, tidak boleh terpakai lebih dari 90%, jika lebih dari itu, maka akan berimbas pada kecepatan komputer kita. 

 Kurangi Penggunaan Widget
Widget dikomputer anda mungkin bisa memperindah tampilan windows anda atau mempermudah kita untuk mencari atau membuka program tertentu dengan bantuan widget. tapi anda harus ingat bahwa dengan adanya widget yang terpasang di komputer anda, maka akan membuat RAM anda semakin penuh. Jika anda mempunya RAM yang besar melebihi kebutuhan anda, tentu hal ini tidak begitu terasa. Namun beda halnya jika kita memiliki ram yang minim.

Kurangi Shortcut Di layar utama
Ada shortcut yang muncul ketika kita telah menginstall software, namun ada juga shortcut yang muncul karena kita yang membuat dan membutuhkannya. Anda harus ingat bahwa shortcut yang terlalu banyak akan memperlambat loading komputer anda. Untuk menghapus shortcut yang tidak penting anda bisa. Untuk menghapus shortcut bisa anda lakukan dengan, mengklik kanan schortcut yang anda ingin hapus lalu pilih delet.

 Melakukan Disk Cleanup
File – file temporary adalah file sementara sebenarnya tercipta untuk mempermudah pengguna komputer dalam membuka suatu program di komputer. Misalnya fil temporary browser, maka akan membuat kita akan semakin cepat membuka sebuah website yang pernah kita buka sebelumnya. Ini karena file statis dari website tersebut telah tersimpan di komputer kita yang berupa file temporary. Masih banyak model file temporay dan masih banyak lagi kegunaannya.
File temporary ini bisa tidak dihapus maka akan membuat penuh memori penyimpanan kita. Terlebih biasanya drive yang digunakan untuk menyimpan adalah drive system, biasanya drive C. Untuk menghapus temporary file ini, ana bisa menggunakan Disk Cleanup.

Defragment Hardisk
Dengan menjalankan fitur Disk Defragment maka akan membantu anda untuk menta ruang penyimpanan yang terpisah – pisah. Dengan menata kembali tempat penyimpanan tersebut maka akan membuat pembacaan di hardisk semakin cepat. Hal ini akan berimbas pada semakin cepatnya pemrosesan program yang telah diinstal di komputer kita.

Pada saat melakukan Defragment ini, biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Sehingga sebisa mungkin ketika anda ingin melakukan proses defragment, maka dilakukan pada saat anda memiliki waktu luang yang lebih. Kepastian memiliki waktu luang saat melakukan defragment ini penting, karena anda tidak bisa membatalkan defragment di tengah jalan. Kalau itu terjadi maka proses defragment harus diulang dari awal. Sebaiknya pastikan disaat anda tidak memiliki perkerjaan yang di kejar waktu.
Nah itulah beberapa Tips mengoptimalkan kinerja komputer dari kami yang bisa anda praktikan langsung dikomputer rumah anda. Sebaiknya anda rutin meluangkan waktu untuk mengoptimasi komputer anda untuk memperoleh hasil optimal setiap hari.


0 comments:

Post a Comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}