Home » » Layanan Internet

Layanan Internet

Posted by Catatan Wong Awam on Monday 10 February 2014

Keuntungan dan kerugian Internet : Layanan Internet



Keuntungan dan kerugian Internet

Sebenarnya, jika kamu mengenal dunia Internet dengan baik, banyak informasi yang dapat kamu peroleh. Membuka Internet seperti membuka jendela dunia. Dengan menggunakan Internet, kamu dapat mengakses perkembangan informasi dan teknologi

terbaru serta actual. Dalam mengakses internet, kamu harus dapat memilah-milah antara informasi yang benar  dan informasi yang menyesatkan. Mengapa demikian ? hal tersebut dikarenakan didalam Internet banyak juga hal-hal yang dilarang agama dan hukum yang sangat mudah untuk diakses.

Adapun  yang termasuk sebagai layanan internet sebagai berikut
 

WWW (World Wide Web), layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di computer client dengan menggunakan protocol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol), sesuai namanya layanan ini memang di gunakan untuk transfer file dari satu computer ke computer lain di internet dengan konsep Client Server. Dalam hal ini, sebagai pengguna computer client, kita bisa mengkopi file yang tersedia pada computer server di internet menggunakan la

Email (Elektronic mail), fasilitas ini digunakan untuk komunikasi antar pengguna internet melalui surat elektronik ,yaitu surat dalam bentuk file yang bias dibuka/dibaca di computer. Pengguna internet yang ingin memanfaatkan layanan ini harus mendaftar (melakukan registrasi) pada computer server penyedia layanan email. Setelah mendaftar, pengguna akan mendapatkan alamat e-mail yang dapat diakses dengan memasukkan nama user (username) dan kata sandi (password). Username dan password tersebut dipilih sendiri oleh pengguna pada saat melakukan registrasi.

Millist (Mailing List), merupakan sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi kumpulan beberapa alamat e-mail anggotanya. Dengan mengirim pesan ke sebuah milist, pesan kita akan terkirim ke semua anggota milist tersebut.

IRC(Internet Relay Chat), layanan ini hampir sama dengan newgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan ini (chatting), pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang diinginkan. (IA)


0 comments:

Post a Comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}