Home » » Mengenal Hardware PC

Mengenal Hardware PC

Posted by Catatan Wong Awam on Saturday, 8 February 2014

da pepatah yang mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Tidak mengenal hardware, maka tak sayang komputer. Betul gak?! Oleh karena itu, kita akan membahas lebih detail tentang macam-macam hardware komputer. Jika Anda telah mengetahui tentang macam-macam hardware komputer, tidak ada salahnya untuk me-review kembali tentang dasar komputer yang paling basic ini.

Hardware atau perangkat keras adalah semua komponen komputer yang berbentuk fisik, yang penting dalam perakitan komputer yang kemudian menopang kinerja komputer itu selanjutnya. Berbagai macam hardware komputer telah banyak dihasilkan dan telah banyak diperjual-belikan di pasaran atau di toko-toko yang menyediakan peralatan-peralatan komputer. Sebut saja mouse, harddisk, floppy, keyboard, dan sebagainya.

Melalui artikel edisi kali ini, kita diajak untuk melihat lebih dekat tentang semua komponen-komponen penting tersebut. Simak dan pelajari lebih lanjut. 

CPU (Central Processing Unit).

CPU adalah tempat dimana semua proses dieksekusi dan dijalankan oleh komputer kita. Dengan kata lain, CPU merupakan pusat berfikir dari komputer. Nah, di dalam CPU inilah terdapat hardware-hardware yang menjadi pendukung kinerja komputer kita.

Gambar/skema di bawah ini menunjukkan proses yang terjadi di dalam CPU. Di mana inputdimasukkan lalu di dalam prossesor data input tersebut diolah dengan bantuan RAM (Random Access Memory) yang keluar dalam bentuk output.
Motherboard.

Motherboard merupakan komponen yang sangat penting dalam hal fungsi dan harus dimiliki oleh tiap-tiap komputer. Tanpa motherboard, komputer akan menjadi lumpuh dan tidak dapat dijalankan. Sesuai dengan namanya, motherboard adalah induk dari komputer itu sendiri. Mengapa??? Karena dimotherboard-lah tempat menempelnya komponen-komponen komputer. Dengan kata lain,motherboard merupakan penopang dari hardware-hardware komputer yang lain.
Prosessor.
VGA Card.

VGA Card adalah komponen yang dipakai untuk menampilkan display untuk pada monitor.
RAM (Random Access Memory).

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara yang diperlukan oleh program-program yang sedang berjalan.
Harddisk.

Harddisk berfungsi sebagai media tempat penyimpanan data dari user yang bersifat permanen. Data yang telah tersimpan di dalam harddisk dapat dibuka, dilihat, di-edit, maupun dihapus.
Mouse.
Mouse berfungsi sebagai pointer yang memudahkan para user melakukan sesuatu seperti menggeser/move secara bebas tanpa harus menghapal daftar perintah atau bergantung padakeyboard komputer.
Keyboard
.Keyboard berisikan tombol-tombol alfabet, angka, dan beberapa tombol pembantu yang memudahkan user dalam menjalankan aktifitasnya.

Monitor.


Monitor berfungsi untuk menampilkan daftar perintah yang dijanlankan atau daftar output. Biasanya dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera penglihatan dan pendengaran.
Printer.

Printer berfungsi mencetak file dalam bentuk tulisan maupun gambar yang berada di dalam harddisk,disket, atau flash disk.
Floppy Drive.
Floppy Drive berfungsi sebagai media input dalam bentuk disket.CD/DVD-ROM Drive.
CD/DVD-ROM berfungsi sebagai alat masukan berupa kepingan CD.USB (Universal Serial Bus).
USB biasa juga disebut Flash Disk, berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara maupun permanen.Power Supply.
Power Supply berfungsi sebagai penyimpanan energi listrik yang kemudian diteruskan masuk ke dalam CPU. Tanpa power supply, komputer tidak dapat dihidupkan.



0 comments:

Post a comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}