Home » » Mengenal PHP, APACHE, dan MySQL Untuk Pemula

Mengenal PHP, APACHE, dan MySQL Untuk Pemula

Posted by Catatan Wong Awam on Monday, 10 February 2014


Bagi seorang pengembang web tingkat pemula, mungkin masih terasa  asing dengan istilah Apache, PHP, dan MySQL. Penulis tidak bermaksud  “menggurui” bagi pembaca yang sudah paham tentang beberapa aplikasi  tersebut. Namun, agar seorang pengembang web tingkat pemula tidak  bingung di kemudian hari maka penulis perlu memberikan penjelasan  sedikit. Karena tanpa adanya ketiga aplikasi tersebut, maka instalasi  Joomla! tidak dapat dijalankan di komputer pribadi (PC).

Secara default, ketika menginstal sistem operasi menggunakan Windows  maka di dalamnya akan menyertakan pula aplikasi berbasis web bernama  PWS (Personel Web Server) dan IIS (Internet Information Service).  Keduanya berfungsi sebagai web server di lingkungan Windows. Namun,  ada beberapa kelebihan dan kekurangan web server tersebut. Dan  sebagaian pengembang web tidak memanfaatkan web server “bawaan” Windows, mereka lebih suka menginstal aplikasi lain yang dirasakan  lebih handal. Maka dipilihlah Apache sebagai pengganti kedua aplikasi tersebut.

Apachemerupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang berfungsi  sebagai web server. Aplikasi ini sangat reliable untuk dijadikan web  server pada komputer pribadi (PC). Untuk informasi lebih lanjut, silakan  kunjungi website resmi di http://apache.org.

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis web. Oleh karena Joomla menggunakan bahasa PHP, maka dalam komputer pribadi (PC) harus terinstal bahasa PHP. Saat buku ini ditulis, PHP sudah menggunakan versi 5.02. dan untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website resminya di http://php.net.

MySQL merupakan salah satu tipe database yang paling banyak diminati para pengembang web karena selain mudah instalasinya, juga database ini mampu menampung record sebanyak ratusan giga. Database ini juga berada di bawah lisensi GNU yang berarti gratis dalam penggunaan maupun penggandaan. Berbeda dengan database yang sejenis seperti Oracle. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resmi di http://mysql.com
.

PHPMyAdmin merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat database, pengguna (user), memodifikasi tabel, maupunmengimpor database secara cepat dan mudah tanpa harus menggunakan perintah (Command) SQL.


0 comments:

Post a comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}