Home » » Cara Merawat Komputer

Cara Merawat Komputer

Posted by Catatan Wong Awam on Sunday 9 February 2014

Komputer anda sering keluar masuk bengkel dan masalahnya selalu berganti-ganti meski itu tergolong komputer atau laptop yang baru di beli!Tentunya anda berpedapata bahwa itu karena kualitas laptopnya yang buruk.


Tapi saya pringatin ya buat yang berpendapat bahwa kualitas komputer yang buruk hingga sering rusak, coba buat sadar diri deh gimana kamu ngerawat komputer kamu ?Apakah sudah bener?klw jawabanya gak tau !Kamu mestinya baca artikel komputer cara merawat komputerini sampai selesai deh biar kamu gak keluar masuk bengkel dan gak di ketawaiin orang yang jago komputer klw ditau cara kamu ngerawat komputer buruk  dan kamu bilangya ma dia kuliatas komputer yang buruk!Pasti kamu di ketawain!

Yuk kita langsung aja baca tips trik keren cara merawat komputer yang di tulis oleh orang keren.

-Pertama kamu bisa bersihin motherboad dan Periferal (hardware) dari debu yang menempel di komputer kamu secara berkala !Jangan males buat bersihin motherboad dan Periferal (hardware) masa cuma bersihin masalah kecil kayak gini males,kalau males bener kelewatan banget deh kamu!

-Uninstall program yang tidak berguna.Cara sangat efektif buat kamu para newbie tentu sering coba instal program baru karena rasa penasaran dan terkadang kamu lupa pula untuk uninstal program/aplikasinya ,yang gak tau ne saya share Cara Menghapus / Uninstall Program

  • Klik "Start > Control Panel"
  • Klik dua kali "Add or Remove Programs"
  • Sekarang jendela baru akan terbuka. Tungga beberapa saat, biasanya butuh waktu yang cukup lama bagi komputer untuk menampilkan list program yang ter-install pada komputer anda.
  • Klik program yang ingin anda hapus / uninstall kemudian klik "remove"
  • Jika muncul pertanyaan atau konfirmasi, klik "yes".
  • Sebaiknya setelah uninstall dilakukan, restart-lah komputer anda.
ingat instal program sesuai kebutuhan saja jangan semua mau diinstal ntar komputer kamu bener rusak parah loe!

-Bersihkan juga Ricyle Bin secara bersih dan benar-benar bersih jadi jangan cuma komputernya yang bersih tapi ricyle bin juga harus bersih .Caranya bisa baca dibawah kalau yang gak tau cara bersihin Ricyle Bin:
Caranya jalankan windows explorer>klik rycle bin >klik file >klik empty rycle bin. Atau anda menjalankan fungsi disklean up kemudian pilih drive yg mau d bersihkan >setelah itu centangilah opsi rycle bin kalau perlu centang juga yg lain (seperti tempolary file ,temporary internet file,setelah itu klik ok)  
-Instal antivirus .Pilihlah antivirus yang sifat tidak merusak aplikasi atau menghapus aplikasi .Saya saran untuk memakai  antivirus Microsoft Security Essentials ,saya sudah 3 tahun pakek antivirus MSE hinga sekarang aman-aman aja tu komputer!Yang mau coba MSE bisa dapatkan secara legal di http://windows.microsoft.com/en-us/windows/security-essentials-download

-Jalankan program yang memang di pakai saja ,jika gak kepakai di close saja misalnya anda membuka 5 program/aplikasi sekaligus dan yang di pakek cuma 1 !Jadi tutuplah 4 program yang gak kepake karena ini memperngaruhi kinerja RAM.Karena semakin banyak program yang kita jalankan maka semakin banyak memory yang kita sita untuk membuka aplikasi yang tidak terpakai oleh kita.

-Defrag hardisk secara berkala hal ini berfungsi untuk menata file dengan baik dan rapi.Jika tidak rapi anda akan merasakan terasa lama saat membuka windows explorer dan lamanya saat membuka file.Untuk Defrag hardisk secara berkala bisa dilakukan sebulan sekali dan berikut cara Defrag hardisk :


  • Caranya klik menu start > program > accecoris > system tool > disk defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag in

-Jangan lupa gunakan van atau kipas yang biasa digunakan pada laptop/komptuter hal ini berfungsi untuk menstabilkan suhu komputer anda.Jadi,jangan cuma peduli ama kondisi tubuh anda yang panas tapi juga peduli sama suhu komputer anda supaya tetep awet.

-Jangan letakkan perangkat elektronik apapun di dekat speaker baik itu laptop,komputer,tv dll hal ini akan mempengaruhi pada kualitas layar anda yang makin lama warna berubaha bahkan blank .

-Matikan lah dan hidupkan komputer kita sesuai aturan yang ada tentu tau dong cara hidupkan komputer yang baik dan cara matiin komputer yang baik .kalau gak tau belajar di internet banyak kok.

kan udah saya share cara merawat komputer baik dan bener jadi mulai sekarang rubah cara anda merawat komputer dan denga baik. Yuk Rawat Komputer dengan baik! (AK)


0 comments:

Post a Comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}