Home » » Wasir Pada Ibu hamil, Apa Wajar?

Wasir Pada Ibu hamil, Apa Wajar?

Posted by Catatan Wong Awam on Monday, 12 May 2014

Ambeien atau yang biasa dikenal sebagai wasir merupakan gejala pelebaran pembuluh darah di anus. Penyakit ini rupanya juga kerap dialami oleh ibu hamil. Tentu saja mengganggu karena perjuangan berat membawa janin di dalam perut harus bertambah dengan munculnya rasa tak nyaman akibat kesulitan duduk maupun berbaring.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Frizar Irmansyah, SpOG(K), munculnya wasir pada ibu hamil sebenarnya wajar. Hal itu disebabkan rahim yang semakin membesar, sehingga mengakibatkan tekanan pada rongga rahim semakin besar pula. Akibatnya, wasir menjadi terdorong keluar. 

"Tekanannya tinggi jadi aliran darahnya itu dari bawah ke atas terganggu," ujar dokter Frizar saat diwawancarai Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia. 

Penyebab lain, sambung dia, karena pengaruh hormon estrogen yang bisa membuat pembuluh darah melebar. Pelebaran pembuluh di sekitar anus itu akan ditutup selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos yang lama-kelamaan membengkak, sehingga menimbulkan tonjolan.

"Selain itu, ada juga pengaruh hormon kehamilan seperti halnya progesteron. Hormon ini, menyebabkan kontraksi pada usus menjadi melemah, sehingga ibu hamil sering sembelit," papar dia.

Lebih lanjut dokter yang praktik di RS Pusat Pertamina itu menjelaskan, wasir pada ibu hamil umumnya terjadi ketika usia kehamilan masuk fase trisemester kedua, yaitu 12-24 minggu. "Karena rahim sudah mulai membesar, tekanan menjadi sangat tinggi. Layaknya orang yang mengangkat beban berat, pasti mendapatkan tekanan tinggi," jelas pria kelahiran 25 Juni 1962 itu.

Meski begitu, lanjut dia, ibu hamil tidak perlu risau. Sebab, umumnya wasir tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Semua itu tidak lepas dari hormon pada ibu hamil yang akan kembali stabil. 

"Kalau habis melahirkan rahimnya mengecil, dan wasir akan sembuh dengan sendirinya," tambahnya.

Hanya saja, dia menekankan, jika terjadi wasir yang cukup parah hingga menimbulkan darah, ibu hamil perlu waspada. Jangan ragu untuk periksa ke dokter. Namun, jika wasir hanya memunculkan gumpalan daging di lubang anus, itu masih tergolong wajar dan masih dapat disembuhkan.

Cara sederhana menyembuhkannya, tutur Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Cabang Jakarta itu, bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih agar wasirnya tidak kering dan tidak sembelit. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan, seperti papaya, juga bisa membantu untuk memyembuhkan ambeien tersebut. 

Teknik lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan wasir, sambung dia, yaitu dengan membiasakan diri melakukan olahraga ringan: lari-lari kecil, jalan-jalan pagi, dan senam ibu hamil. "Cara itu perlu dilakukan supaya jangan sampai keras ambeiennya dan diusahakan agar buang air besarnya itu lancar dan tidak keras," tutur dia. 

Meski wasir sangatlah tidak menyenangkan, namun ibu hamil bisa sedikit bernafas lega. Sebab menurut dokter Frizar, wasir tidak akan berdampak sedikit pun terhadap perkembangan janin dalam kandungan. 

yahoo.com


0 comments:

Post a comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}