Home » » 7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Posted by Catatan Wong Awam on Saturday 10 May 2014

1. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan SEO


Kenapa saya menempatkan cara ini di nomor satu ? tak lain dan tak bukan, karena ini adalah cara yang sekali repot. Sekali repot ? ya, repotnya hanya sekali, dan setelah itu anda tinggal menikmati hasilnya, ibaratnya anda tinggal tidur sekalipun, pengunjung akan terus membanjiri blog anda.

Jika anda ingin meningkatkan pengunjung blog melalui seo, tentu anda harus paham betul apa itu SEO ? dan yang saya tau, SEO itu secar garis besar dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • SEO On-Page
  • SEO Off-Page
Kedua Cara SEO inilah yang wajib anda kuasai. Dan untuk menguasai kedua cara tersebut cukup mudah sebenarnya jika tau dasarnya. Baik akan saya jelaskan pula dasarnya.

SEO On-Page adalah Teknik Optimasi yang dilakukan hanya dari dalam situs.

Contoh SEO On-Page :

SEO Off-Page adalah Teknik Optimasi yang dilakukan hanya dari luar situs.

Contoh SEO Off-Page :

2. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Media Sosial


Media Sosial atau dalam bahasa inggris kita sering menyebutnya Social Media, juga merupakan cara meningkatkan pengunjung yang paling ampuh setelah seo.

Jika tertarik unyuk meningkatkan pengunjung blog melalui Media Sosial, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah dengan membuat sebuah halaman (Facebook) atau channel (BlackBerry Messenger). Tapi kalau saya sendiri lebih suka menggunakan halaman dari facebook, karena saya gak bisa bbm-an, hehe.

Buatlah sebuah halaman atau fanpage dengan nama keyword yang sedang Anda bidik, misal 'cara main flappy bird' lalu tinggal anda kasih link di deskripsi halaman yang sudah anda buat tersebut, dan langkah akhir promosikan ke teman-teman Anda, jika anda melakukannya dengan rutin dijamin pengunjung blog Anda akan naik.

Artikel Pendukung :

3. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog melalui Forum


Forum juga salah satu cara yang paling sering saya gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog. Alasannya simple, karena kebanyakan forum yang saya temui, mengaktifkan fitur HTML atau minimal sudah mengaktifkan BBCode. Jadi kita bisa dengan mudah menggiring mereka ke blog kita.

Caranya ya juga simple, tinggal Anda buat postingan di salah satu forum (ingat selalu gunakan bahasa lokal forum lokal tersebut) selanjutnya pada akhir artikel sisipkan anchor text yang mengarah ke blog anda.

Dijamin, jika postingan anda tersebut laris atau banyak yang baca, maka sudah bisa dipastikan traffic blog Anda juga bakal ikut naik.


4. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog melalui Guest Posting


Apaan sih guest posting ? mudahnya guest posting adalah blog yang mengijinkan kita untuk menyumbangkan artikel ke blog tersebut, dan sebagai imbalannya nanti kita akan diberi backlink + pengunjung.

Salah satu penyedia Guest Posting yang paling populer menurut saya adalah kbi.or.id.

Situs penyedia guest posting ini pasti memiliki pengunjung yang sangat banyak, jadi dengan mengirimkan artikel disana, kita bakal 'kecripatan' pengunjung dari blog tersebut.


5. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog melalui Social Bookmarking


Social Bookmarking makanan apa itu ? ya, social bookmarking ini bukan makanan, tapi situs yang bisa kita gunakan untuk meletakkan link blog kita. Jadi kita bisa dengan mudah mendapatkan pengunjung.

Jika ada waktu longgar saya sudah pernah menuliskan 250 Dofollow Social Bookmarking List yang bisa anda gunakan untuk menyubmit setiap artikel yang sudah berhasil anda publikasikan.


6. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Blog Walking


Blog Walking atau jalan-jalan di blog teman, merupakan cara yang paling ampuh ke 6 menurut saya. Kenapa saya letakkan ke posisi 6 ? ya karena kita belum tentu mendapatkan pengunjung (kunjungan balik), kaena ini semua tergantung dari si empu blog (admin). Kalau lagi mood ya blog kita bakal dikunjungi, dan walhasil dapat 1 Pengunjung.

Tapi kalau si admin sedang tidak mood ya, kita gak dapat pengunjung, dan hanya dapat backlink.


7. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Memanfaatkan Situs Tanya Jawab


Situs tanya jawab ini contohnya seperti :
  • Google Tanya Jawab ( google.co.id/tanya )
  • Yahoo Answer ( id.answers.yahoo.com )
  • Stackoverflow ( stackoveflow.com )
Ketiga situs besar tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan pengunjung, caranya ya tinggal anda jawab pertanyaan yang anda bisa, dan di akhir kalimat tuliskan sumbernya dari blog Anda. Jika penanya merasa terbantu, pasti dia akan memencet link sumber.

Nah, itulah ke 7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog yang bisa anda lakukan tanpa modal, alias gratis. Dan ebenarnya masih ada banyak cara meningkatka pengunjung blog yang lain, seperti memasang link blog kita di blog milik orang lain, tapi tentunya itu berbayar, karena saya tau persis bahwa orang indonesia ini sangat cinta gratisan maka cara meningkatkan pengunjung tersebut tidak saya masukan dalam artikel ini.


1 comments:

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}