Home » » Benarkah Terlalu Sering USG Berbahaya Bagi Kandungan?

Benarkah Terlalu Sering USG Berbahaya Bagi Kandungan?

Posted by Catatan Wong Awam on Monday, 12 May 2014

Tanya:
Bolehkah USG kandungan dilakukan tiap bulan? Saya dengar jika USG terlalu sering justru bisa membahayakan kandungan, apa benar, dok? Baiknya maksimal berapa kali?
Pinkan, Jakarta

Jawab:
Halo ibu berbahagia yang akan segera memiliki bayi,

Mengenai topik bahayakah USG untuk janin, pertama-tama kita mesti tahu dulu apa itu USG? USG adalah suatu metode yang digunakan dokter untuk merekam janin dalam kandungan. Cara kerjanya melalui pemantulan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Efek samping USG sampai saat ini diketahui ada 2, yaitu:

1. Efek termal pada janin, yang di layar monitor USG dapat dipantau dengan indeks termal.
2. Efek nontermal terjadi karena efek mekanis dari tekanan gelombang ultrasonik yang melewati jaringan. 

Namun para ahli sudah menentukan ambang batas keamanan untuk ini dengan istilah MI (Mekanikal Indeks). Jadi, kesimpulannya secara teori, USG aman untuk janin. Secara klinis, dari hampir 40 tahun pemakaian USG, secara umum dampaknya aman untuk janin. Hasil review tidak menemukan adanya efek buruk dari USG rutin pada bayi maupun ibunya. 

Penelitian jangka panjang selama 30 tahun pada bayi yang sering di-USG, tidak ditemukan efek buruk pada perkembangan fisik maupun intelektualnya. Lepas dari semua teori tadi, tentu kita sebagai calon orangtua harus lebih bijaksana untuk dapat mempertimbangkan manfaat USG untuk kehamilan. 

dr. Arjuna Saputra, SpOGBeberapa manfaat yang didapat dengan USG adalah kita dapat mengetahui jumlah kehamilan, konfirmasi usia kehamilan, letak kehamilan apakah di dalam kandungan atau di luar, posisi bayi, adanya cacat bawaan, letak plasenta, jumlah air ketuban, dan perkembangan janin yang dikandung.

Semoga bermanfaat.






yahoo.com


0 comments:

Post a comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}