Home » » Park Ji Sung Si Pemilik '3 Paru-paru', Pemain Tersukses dari Asia

Park Ji Sung Si Pemilik '3 Paru-paru', Pemain Tersukses dari Asia

Posted by Catatan Wong Awam on Wednesday, 14 May 2014


Invasi pemain-pemain Asia ke liga-liga di Eropa telah dimulai sejak dua dekade lalu. Untuk menyebut siapa yang paling sukses, Park Ji Sung adalah figur istimewa itu.

Merujuk sejumlah pionir sebelumnya, Asia boleh berterima kasih pada Kazuyoshi Miura, Hidetoshi Nakata, Ali Daei, Ahn Jung Hwan atau Shunsuke Nakamura atas keberhasilan mereka menembus Eropa, dan sekaligus mengangkat pamor (pesepakbola) benua kuning.

Tapi dalam hal jumlah trofi, Park Ji Sung adalah yang terbaik. Bersama PSV Eindhoven dan Manchester United, gelandang Korea Selatan itu mengoleksi total 14 piala. Di antara itu, ia memiliki medali Liga Champions, yang mana dia adalah pemain Asia pertama yang bermain di pertandingan final kompetisi tersebut -- dan kemudian memenanginya (bersama MU di tahun 2008).

Tak pelak, Park adalah sebuah magnet besar dari Asia di Eropa. Ia tak sekadar mesin "pencetak merchandise" klubnya, tapi juga sebuah mesin penggerak permainan timnya. Manajer sebesar Sir Alex Ferguson pun sampai menjadikan dia salah satu pemain yang sangat ia sukai. Dia sangat disiplin, memiliki pergerakan tanpa bola yang menawan, mampu mencetak gol, cepat, dan bertenaga kuda, seakan-akan tak pernah kehabisan tenaga – hal mana ia dijuluki "Three-Lung Park" alias Park yang Punya 3 Paru-paru".

Hari ini (14/5) ia berpamitan pada dunia untuk meninggalkan dunia sepakbola. Setelah pensiun dari timnas di tahun 2011, Park memutuskan gantung sepatu karena merasa kemampuannya sulit kembali ke level tertinggi, setelah terus diganggu cedera dalam dua tahun terakhir.


Sport Detik


0 comments:

Post a comment

Translate

Arsip Blog

.comment-content a {display: none;}